Tips Liburan Hemat ala Maryam

2:38 AM

Hallo!
Kalau diperhatiin, anak-anak generasi milenial ini udah menjadikan liburan sebagai part of their life, karena sesekali mereka butuh dan harus melipir dari tekanan-tekanan (pekerjaan, misalnya) yang mereka hadapi sehari-hari, tujuannya untuk refresh dan biar bisa produktif lagi.
Ngomong-ngomong liburan, misalnya liburan ke luar negeri/luar pulau, sekarang ini udah super gampang banget (yang gak gampang itu cari duitnya heheh, i know your struggle tho), book tiket dan hotel is only one click away, selain itu jalur penerbangan udah banyak, ditambah tersedianya maskapai-maskapai berbiaya rendah atau acara-acara travel fair yang suka tiba-tiba ngasih promo dadakan dan maskapainya pun yang premium!.
Temen-temen aku juga banyak yang tanya (terutama yang belum pernah liburan ke LN) "Mar, ke Sing-Malay ngabisin berapa duit? Lho kok bisa hemat gitu? aku aja ke *suatu tempat dalam negeri* bisa ngabisini sekian juta. Well, mau liburan di dalam negeri/atau luar negeri itu sama aja dan bisa banget buat hemat. Balik lagi ke kitanya. Kamu tipe yang mana? ogah susah atau ogah rugi. Me? of course ogah rugi lah! 

Biar hemat gimana sih? nah, disini aku mau bagi-bagi tips yang berdasarkan hasil ke sotoyan sepengalaman aku kalau pas liburan biar hemat.
1. Research dan Budgeting.
Riset penting, pertama biar nyesuaian dengan jenis liburan yang kamu mau, misalnya kamu maunya liburan sambil hunting barang murah, pastinya kamu memilih tempat yang memang banyak pusat belanjanya, atau pengen liburan yang bener-bener jauh dari kebisingan kota, kamu bisa mencari tempat yang menawarkan yang seperti itu, misalnya ke countryside, pegunungan dll. Kedua, riset ini juga tentunya untuk menyesuaikan dengan budget yang kamu punya. Sesuaikan tempat yang sekiranya bisa masuk ke budget kamu. Riset dulu berapa rata-rata harga tiket pesawatnya, biaya nginapnya, transportasi selama ditempat tujuan, dll. Terus riset juga tempat wisata yang akan kamu kunjungin. Ada beberapa tempat wisata yang harus bayar, ada juga yang free entry. Riset bisa lewat internet, buku, forum-forum traveler, tanya sama orang berpengalaman, atau ke travel agent.
Setelah riset menentukan mau liburan kemana, tentunya budgeting. Budgeting ini fungsinya untuk memberikan gambaran pengeluaran kamu selama liburan dan untuk mengontrol pengeluaran kamu ketika liburan.
pict: pinterest
2. Sering-sering ngecek tiket maskapai.
Harga tiket pesawat itu fluktuatif, gampang banget berubah. Jadi rajin-rajin lah ngecek tiket pesawatnya. Kamu bisa lagsung ngecek di website maskapainya, atau bisa juga lewat website yang membandingkan harga termurah, misalnya skyscanner.co.id.
3. Jangan ambil liburan ketika high season.
Ketika high season, harga tiket pesawat, penginapan, dll sudah dipastikan akan mahal. High season ini ketika musim orang-orang liburan misalnya liburan akhir taun. Berliburlah ketika lowseason, ketika orang lain sedang tidak berliburan hehe.
4. Pilih hotel budget.
Penginapan juga merupakan salah satu yang bisa ngabisin pengeluaran banyak. Kalau liburan cara aku yang hemat ini, aku nginepnya di hotel budget atau hostel. Gak perlu lah hotel bintang lima yang super mewah. Karena aku ini tipikal orang yang kalo lagi liburan gak doyan diem di hotel. Mubazir gitu lah rasanya kalau cuma diem doang di hotel mah. Tapi sebelum kamu book penginapannya, balik lagi, kamu harus riset dulu. Apakah penginapan ini aman atau tidak, bersih atau tidak, aksesnya gampang atau tidak, meskipun budget tetap keamanan dan kenyamanan harus diutamanan.

5. Jangan banyak jajan.
Nyobain makanan lokal khas negara yang dituju itu emang wajib hukumnya, ya sayang aja udah jauh-jauh gak nyobain kulinernya, ya kan? tapi gak usah tiap makan pagi,siang, malam kamu makan di restoran fancy juga, bangkrut pasti, unless you are a billion dollar baby. Tau gak kamu, pengalaman aku selama di China, demi ngirit buat expense makan, aku sering banget beli onigiri yang harganya cuma 2,5 RMB which means cuma Rp 5000 saja! (dulu kalo dirupiahin segitu). Kenyang gak? buat aku sih kenyang hehe, karena anaknya gak terlalu doyan makan, apalagi makan yang aneh-aneh. Terus jangan lupa bawa tempat minum, biar gak usah jajan minuman lagi. Tinggal ngisi air di hotel/tap water. Kita pasti sering jalan kaki, biar gak dehidrasi harus sering minum.
6. Pakai transportasi umum dan jalan kaki.
Must said, it will be much much much cheaper than using taxi! Ada beberapa negara yang menyediakan tiket transportasi terusan, jadi satu kartu bisa dipakai untuk bus, kereta, subway, dll. Again, reseach. Oh jangan manja juga, kalau mau hemat kamu juga pasti sering jalan kaki. 

7. Punya travel buddy.
Sebeneranya jadi solo traveler juga gak ada salahnya. Tapi kalau punya buddy, pas kita nyasar ada temennya hehe (pengalaman pribadi). Hubungannya sama hemat apa? kalau buat aku lebih ke menghemat pengeluaran untuk, misalnya hotel. Kita bisa book 1 kamar hotel buat berdua kan? atau misalnya pake fasilitas airbnb yang bisa buat ramean, nah kalau sendirian kan berarti expense satu kamar ya buat sendiri. Terus budget makan juga. Aku tipikal anak yang gak doyan makan, tapi suka penasaran sama makanan lokal, kalau ada temennya kan bisa sharing, once aku gak doyan dan gak abis, ada temen yang bisa ngabisin. Jadi gak mubadzir hehe. Oh buat sharing laudry koin juga heheh, kalau kamu jalan-jalannya lebih dari seminggu kan mau gak mau cuci baju yekan (gak usah beli baju baru! kan hemat, kecuali yah if you intend to).

8. Bawa Uang Cash
Sebeneranya ini juga untuk mengontrol pengeluaran kamu selama disana. Jadi ketahuan sisa uang kamu berapa. Tapi tetep bawa juga Debit/Credit Card kamu, untuk jaga-jaga. Selain itu, in case kamu liburan ke tempat yang gak ada ATM nya atau transaksinya harus pakai uang cash kamu udah siap sedia. Pengalaman pribadi, jujur aku anaknya super cashless person, di dompet gak pernah naro uang lebih dari Rp 300,000.- and it's rare. Pas waktu itu aku lagi liburan ke pantai, yang pada waktu itu mesin atm, ind*mart, alf*mart belum nyampe ke daerah itu, dan aku cuma bawa duit sekitar 40,000. bingung ga tuh? ujung-ujungnya nyusahin temen juga. huft.
9. Bijaksana dalam membeli oleh-oleh
Ini sebenarnya agak sensitif, and well so Indonesian Typical, rasanya gimana kalau gak beli oleh-oleh, dan kadang ada juga nih yang gak pernah kontekan tiba tiba ngehub kamu lalu ujung-ujungnya minta oleh-oleh huft. Bukannya pelit, tapi emang harus dibiasain JANGAN MINTA OLEH-OLEH sama orang yang lagi berpergian. Maryam kasih tau ya, taukah kamu kalau para traveler in budget ini sangat irit pengeluaran selama disana? makan aja bisa cuma onigiri doang, dan belum tentu mereka juga punya jatah bagasi ya kan?. Sepengalaman aku, untuk menyiasati hal tersebut, pas lagi aku jalan-jalan pulangnya sambil dagang (karena sayang juga punya jatah bagasi). Jadi pas ada yang minta oleh-oleh aku nyuruh buat beli dulu dagangan aku hehehe. Ini strategi sih. Tips: Jangan belanja ditempat wisata karena harganya suka lebih mahal. Belanjanya dipasar/toko biasa aja, kalau di Jepang misalnya di Daiso (harga Daiso Jepang jauh lebih murah daripada Daiso Indonesia, fyi)
10. Pilih travel agent yang terpercaya dan bisa menyesuaikan dengan budget
Jika kamu anaknya super sibuk dan gak sempet riset juga budgeting, atau belum pede karena baru pertama kali, atau juga kamu anaknya ogah ribet, pakai jasa travel agent bisa jadi pilihan. Banyak banget travel agent yang menawarkan paket tour murah. Ada yang rombongan ada juga yang privat, salah satunya punya temen aku nih Kemanaja Travel "Kemana aja bisa, kemana aja boleh" (eh bener gak sih slogan nya hehe). Boleh di cek instagramnya kemanaja.travel.
Mereka menawarkan paket tur yang beragam dengan harga yang gak akan bikin kantong kamu jebol. Disclaimer: This is not a Sponsored Article, itung-itung bantuin temen karena kebetulan yang punya temen aku hhe tapi tenang aja travel agentnya profesional kok, gak tipu-tipu, selain itu pelayanannya profesional, harga gak usah ditanya lagi, Tour Leadernya super baik, sabar dan helpfull (hehe).
pict: Kemanaja
Sekian dulu tips dari aku. Semoga bermanfaat!
ByeBye

You Might Also Like

1 comments