Autogate Imigrasi Bandara Soekarno Hatta: Indonesia is Suppah Cool!

10:51 PM

Sebenernya agak basi juga sih ngomongin topik ini. Tapi aku baru tau keberadaannya (gimana dong?), dan aku juga yakin kalo temen-temen disini juga baru pada tau tentang si mesin ini, sok yakin sekali anak ini.
Yes! Autogate Imigrasi Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta. Yang udah sering bulak balik ke luar nagreg mungkin udah tau banget sama si autogate ini, beda banget sama aku, reaksi pertama kali liat si mesin autogate ini langsung bilang; "Apaan nih? kok keren!" Hem maklum lah yah orang kampung, liat yang aneh dikit langsung norak.

Tapi kayanya sosialisasi fasilitas autogate ini kurang deh. Buktinya bukan cuma aku aja yang baru tau, tapi temen-temen aku juga dan terlihat fasilitas autogate ini masih sangat kosong dibandingin dengan konter imigrasi manual, padahal saat itu banyak banget orang Indonesia yang pulang ke Indonesia (?). Kalau bukan karena kepo  ditambah ada mbak-mbak yang jaga bilang "Lewat sini aja ka, lebih cepet" mungkin kita juga gak akan ngerasain masuk Indonesia lewat autogate imigrasi.
Usut punya usut katanya autogate imigrasi ini udah ada dari awal tahun 2013 (WHAT?!), tapi kalau dulu, paspor kita harus didaftarain terlebih dahulu sebelum memakai fasilitas autogate ini. Beda sama sekarang, kamu gak usah lagi ribet daftarin paspor kamu. Both regular indonesian passport or e-passport are accepted!. This is true. Soalnya aku dan temenku sama-sama baru pertama kali pake fasilitas autogate imigrasi ini pas awal April kemarin, punyaku e-passport dan punya temenku paspornya biasa, and both are accepted.
Keren kaan?
Ada dua bagian pada gate ini. Untuk membuka gate pertama, kita terlebih dahulu diharuskan untuk menscan paspor kita ditempat yang telah disediakan. Setelah paspor kita terpindai pintu pertama terbuka secara otomatis. Lalu kita dihadapkan pada pintu kedua. Kita diminta untuk memindai sidik jari dan foto wajah. Setelah selesai rangkaian proses tersebut barulah pintu kedua terbuka, our data digitally saved! then welcome back to Indonesia. 
Katanya fasilitas autogate ini sudah tersedia diterminal keberangkatan/kedatangan Internasional (Terminal 2 atau 3) tapi yang aku cobain ini autogate yang ada di Terminal 3 kedatangan Bandara Soekarno Hatta. Mungkin temen-temen disini ada yang udah coba fasilitas ini di terminal lain? Share ceritanya juga dong..:)
Plus minus nya pasti ada.
Plus nya, lebih cepet, gak usah ngantri panjang, gak usah berhadapan sama petugas imigrasi (hehe).
Minusnya, buat kamu yang suka ngumpulin stample imigrasi, kalau pake fasilitas ini pasti gak akan dapet stample imigrasi di passport kamu dan namanya juga mesin pasti adakalanya si mesin ini error. Kekurangan yang lain, aku baca di blog Kak Yani yanilauwoie.blogspot.co.id ada yang harus berkali kali scan paspor supaya paspornya terbaca, kalau pengalamannya Kak Yani sendiri katanya wajahnya sulit terfoto, jadi beliau harus menunggu beberapa menit dan merubah posisi berdirinya agar wajahnya bisa terfoto oleh autogate ini.
But overall, aku suka sama fasilitas ini, bikin proses clearing imigrasi lebih cepet, apalagi kalau pas kita landing malem-malem, PR banget kan ya ngantri di imigrasi (anaknya super mageran). 
Temen-temen yang mau ke LN gak ada salahnya nyoba fasilitas ini. Indonesia ternyata sudah sekeren ini dongg aku terharu (padahal di yang lain mah udah dari kapan tauu).
Well, sekian tulisan aku, semoga membantu temen-temen yang belum tau heheh.
XOXO
Bye!


You Might Also Like

1 comments

  1. Maaf kak, hanya ingin tanya, kalau Auto gate di terminal 3, untuk keberangkatan juga ya? sebab setahu saya, sewaktu sy pergi tidak terlihat autogate tsb, dan mmg waktu tiba/pulang, sy juga pakai autogate, mmg praktis autogate tsb.. SALAM

    ReplyDelete