Traveling bisa berakhir hukuman mati. Kok bisa?!

11:39 PM

Sharing is caring!
Menjawab dulu pertanyaan judul, traveling bisa berujung hukuman mati, itu bisa banget! of course in one condition, salah satunya adalah kamu balik ke Indonesia membawa NARKOBA! 
Loh? Tapi kan aku gak pake?
Kamu bakal  tetap kena ancaman kalau kamu kedapatan bawa narkoba masuk ke wilayah NKRI.
So, agar kamu tenang pulang lagi ke kampung halaman di Indonesia, would be better you read this post, karena masih banyak orang yang gak tau dan/atau pura-pura gak tau tentang ancaman membawa/menyeludupkan narkoba ke Indonesia dan modus penyeludupannya seperti apa. Then, Enjoy the post!







Jika kamu yang sering atau akan berpergian ke luar negeri, mau itu liburan, perjalanan bisnis, atau emang jadi tenaga kerja yang bekerja di luar negeri, pokoknya yang melibatkan proses imigrasi antar negara aja, hati-hati dan JANGAN MAU DITITIPIN BARANG sama orang lain (kenal atau pun gak kenal) ketika kamu akan kembali pulang ke Indonesia.
Maksudnya dititipin itu kaya gini, Kamu pergi ke negara A, terus di negara A kamu ketemu si "mawar" dan si "mawar" ini nitip barang ke kamu buat di bawa ke Indonesia. modusnya banyak, titipan sodara lah, buat keluarganya lah, atau nanti ada yg jemput dan kamu dikasih uang yang banyak lah, banyak pokoknya modusnya. Apalagi kalau diiming-imingi bayaran yang besar. Harus dicurigai itu, sekalipun kamu lagi super B.U.!
Apapun barangnya, jangan mau pokoknya. Mau yang jelas bentuknya apalagi yang gak jelas. Misalnya, Seseorang yg nitipin sepatu buat di bawa ke Indonesia. Kita ga pernah tau si sepatu itu udah di modif trs dimasukin sesuatu (di solnya misalnya) atau engga. Atau misalnya ada yg nitipin laptop buat di bawa ke Indonesia dengan alasan untuk saudaranya, kita ga pernah tau laptop itu udah di bongkar atau engga, trs ditaroin barang (red: narkoba) didalemnya. Itu contoh barang yang bentuknya jelas, apalagi paket yang kita ga tau isinya apa. 
Kok kesannya kita jadi suudzon sm org ya? Yes! But this is for your own sake. Tolak aja dengan halus, bilang bagasi kamu kelebihan atau barang kamu udah terlalu banyak jadi susah bawanya. Kalau penting banget suruh kirim via expedisi aja gt (berani gak dia!) Biarin kamu di benci dari pada penjara jadi rumah tujuan yakan?
Gak cuma itu aja. Di bandara/pelabuhan juga banyak yang modusnya kelebihan berat bagasi trs pengen nitipin sebagian barangnya ke bagasi kamu dan berjanji akan di ambil ketika sudah sampai tujuan. JANGAN MAU! Kita gak pernah tau barang itu apa. Tolak aja! Bilang sorry, i dont understand atau sorry i cant speak (blablabla).. kemudian langsung ngibrit takut dianya nekat.
Modus penyeludupan narkoba itu banyak, ada yg ditaro di tv, sepatu, laptop, tempat shampo, handuk, dll sampai ada juga yang disamarkan dengan dikemas jadi Pasir Kucing, niat banget kan?
Meskipun kamu gak pake dan gak jual, tapi kamu yang bawa. Tau ancamannya apa kalau ketauan bawa narkoba? Penjara seumur hidup or even worst SENTENCED TO DEATH! a.k.a hukuman mati!
I do really understand, orang indonesia itu super duper ramah, suka nolong, dan kadang polos (I'm Indonesian btw) tapi kalo lagi gini jadi orang indonesia yg koret dan tegaan itu perlu!
So, be safe everyone. Jangan karena iming-iming yang menggiurkan tapi malah masuk penjara dan Jangan kira customs exice indonesia lemah ya sist!
Selamat jalan jalan!
Mari sama-sama kita perangi Narkoba!




#travellingtips #maryamtraveljournal

You Might Also Like

1 comments