Pengalaman Naik kereta Jakarta - Sukabumi (Rute: Jakarta - Bogor - Sukabumi)

9:03 PM

Dari dulu emang suka banget naek kereta dibanding naek mobil, alasannya sederhana. Naek kereta itu anti macet! Ya kecuali emang ada kendala sama kereta atau relnya dan itu jarang banget terjadi.

Jadi ceritanya kemarin itu aku dari Jakarta mau ke Sukabumi tapi males banget naek bis karena pasti macet. Titik macetnya banyak, Ciawi, cicurug dll. Jadi diputuslanlah buat naek kereta ke Sukabuminya. Sounds norak ya? Tapi kan ini pengalaman pertama, so it must be exiting!

Rutenya:
Jakarta - St. Bogor (KRL Commuterline)
St. Bogor Paledang (BOO) - St. sukabumi (SI) (KA Pangrango)

Rencana awalnya mau beli tiket Bogor - Sukabuminya nanti aja pas di Stasiun. Tapi untung sehari sebelum aku ngecek dulu tiketnya di Traveloka, dan ternyata EING EING ENG udah pada full booked dong! Mau yang ekonomi atau yang bisnis. Tinggal sisa beberapa kursi aja untuk kelas ekonomi dan itu pun untuk pemberangkatan pukul 18.30! Well actually i dont care about the class, economy or executive are same. They're on the same track btw, but i've problem with the schedule, nyesel banget gak pesen dari jauh jauh hari. Aku gak tau kalau KA Pangrango rute Bogor - Sukabumi ini se favorit itu.
Untuk nyampe ke stasiun bogor, kita bisa naek dulu KRL dari Jakarta ke Stasiun Bogor lalu dari Stasiun Bogor nyebrang dan jalan sedikit ke Stasiun Bogor Paledang. Awalnya aku kira Stasiun Bogor untuk kereta ke Sukabumi ini satu tempat dengan stasiun bogor untuk pemberhentian KRL Commuter Line. Ternyata ENGGAK! 

Untuk kereta rute Bogor - Sukabumi ini berada di Stasiun Bogor Paledang. Stasiunnya kecil dan agak nyempil dibelakang bangunan toko toko.
Karena waktu itu cuacanya hujan besar jadi di Stasiunnya banyak banget orang dempet dempetan nyari tempat neduh. Well someday stasiunnya sudah harus di upgrade mungkin yah.
Perjalanan ke Bogor - Sukabumi memakan waktu sekitar 2 jam. Meskipun laju keretanya agak lambat, but it is much better than you stuck in the traffic jam ah? 
Sampai di Sukabumi ternyata masih ujan guys, awet juga ternyata ujannya hehehe :)

Harga Tiket:
KRL Jakarta - Bogor : IDR 5000 (kita bayar Rp. 15.000 karena 10.000 untuk deposit dan akan dikembalikan)
KA Pangrango Bogor - Sukabumi: IDR 20.000,- (economy class) dan IDR 50.000,- (business class)

Tips berpergian ke Sukabumi naek Kereta:
  1. Booking tiket kereta Bogor - Sukabumi jauh jauh hari sebelum hari H untuk mendapatkan seat dan jam sesuai keinginan. Booking bisa via traveloka or tokopedia or whatever. It's up to you. Anw KA Pangrango itu cuma 3 kali dalam sehari. So dont ever miss it!
  2. Datengnnya jangan mepet-mepet ke jadwal berangkat, coz you need a time buat jalan dari St. Bogor ke St. Bogor Paledang.
  3. Kalau kamu belum makan dan berencana makan di kereta, mending beli makanannya sebelum nyampe ke St. Bogor Paledang.
  4. Bawa payung! Kalo ujan agak ribet.

Sekian tulisan pengalaman aku naek Kereta dr Jakarta ke Sukabumi (agak norak yah hehe?) barangkali ada yang berniat untuk coba juga dan belum pernah cobain naek kereta Ke Sukabumi. Semoga bermanfaat. See you on my next post!
XOXO




You Might Also Like

5 comments

  1. makasih banget kak, sangat membantu nih. apa saja yang menarik dikunjungi di sukabumi ya (jumanto.com)

    ReplyDelete
  2. Infonya utk saat ini,setelah 4 th msih valid gak ya ...?

    ReplyDelete
  3. bagus infonye, besok aku mau ke Bogor ., yok bareng ;p

    ReplyDelete