Review: Semudah itu belanja di Aliexpress pakai Credit/Debit Card!

2:34 AM

Hi dear!

Lagi - lagi aku kudet banget sama fenomena yang satu ini. Belanja di aliexpress.com. 
Maryam... Are you living under the rock?
Jadi ceritanya iseng-iseng liat instagram terus nemu lah online shop yang jualan straps bag yang lagi hitz itu. Gak niat beli emang, terus pas liat harganya lumayan agak sayang juga buat ngeluarin uang segitu cuma buat strap bag aja (aku emang koretnya gak ketulungan) secara barangnya juga kawe-an, mendingan duit segitu aku beliin tas/purse aja sekalian.

Nyari lah aku di aliexpress, yang konon katanya harganya jauh lebih mureh mureh, namanya juga produk Cina (katanya gak niat belanja, tapi malah nyari di ecommerce lain). Nah akhirnya nemu deh barang sejenis dengan harga yang lebih murah, bisa setengahnya lebih murah lah dibanding sama yang aku liat di olshop instagram itu. Yaudah deh aku iseng buat order, sekalian nyobain gimana caranya transaksi di aliexpress ini. Oh iya aku milih seller yang menyediakan fasilitas free shipping! (yeay). Tapi namanya juga free shipping, estimasi waktu sampenya bisa sampe sebulan bahkan lebih. (What do you expect from free shipping ah?)

Lanjut ceritnya, Awalnya aku bingung banget gak tau gimana caranya order, terlebih takut salah pas dipembayarannya. Aku purchase barang ini lewat mobile apps, soalnya katanya lagi, kalau kita beli lewat mobile apps harganya jauh lebih murah lagi, padahal cuma beda berapa rebu doang (teuteup ya si koret). 
Di mobile apps ini untuk pembayaran cuma ada dua method, pakai CC atau Debit card dan other method (aku gak tau other metod ini apaan). Dengan kesotoyan yang super sotoy, aku pilih lah metode pembayaran menggunakan CC/Debit. Berhubung aku gak punya CC ya otomatis pake debit (masih belum ingin punya CC karena intinya itu kan ngutang, mana ada ngutang dibilang keren, hew!). Aku masuk-masukin deh nomor kartu segala macem ke coloum yang tersedia, kalau udah semuanya klik done, terus tunggu beberapa saat nanti muncul kode otoritas dari banknya, masukin kode otoritasnya. Udah deh, tinggal nunggu pihak aliexpress konfirmasi pembayaran. Kalau udah terkonfirmasi nanti si aliexpress ini tinggal lanjutin ke sellernya. Tinggal kita menunggu dengan sabar deh barang yang kita order mendarat di rumah kita

Wow, ternyata semudah ituuuu...

Kalau kamu masih bingung, aku tulisin step stepnya ya.. barangkali kamu juga newbie kayak aku..

Ini dia:
1. Masuk ke aliexpress. Tersesah mau lewat mobile app atau lewat browser.

2. Search barang yang kamu mau
3. Pilih barang yang sesuai sama keinginan kamu. Kalau aku suka banding-bandingin si sellernya. Cara ngeliatnya dari reputasi yang dia punya sama feedback dari pelanggan untuk barang yang mau kita beli itu, dan tentunya seller yang menyediakan fasilitas free shipping ke Indonesia.
4. Setelah nemu barangnya, kita bisa langsung place order. Klik BUY NOW kalau misalkan kamu ga ada barang yng mau di beli lagi, atau ADD TO CHART kalau misalkan masih pengen liat-liat barang yang lain.
5. Setelah kita klik BUY NOW, kita akan masuk ke form place order, pertama masukin Shipping adressnya lalu kita pilih metode pembayaran.
6. Klik Add New Credir or Debit Card di kolom Payment Method.
7. Setelah itu kita akan masuk ke page Order Confirmation. Kita akan diminta untuk memasukan data dari Card yang kita pegang, lalu klik Done.
8. Setelah klik DONE, nanti akan muncul kode otoritas kita dari Bank.
9. Lalu masukan kode otoritas yang kita dapat ke Bank Secure e-pay.
10. Udah deh, kita tinggal tunggu pihal aliexpress mengkonfirmasi pembayaran kita dan meneruskannya ke pihak seller.
11. Terakhir... Sabar dalam menunggu.

Pros:
Barang lebih banyak
Tentunya lebih murah
Transaksi mudah

Conts
Memakan waktu shipping yang agak lama

Semoga review dan tutorial ini membantu ya dear. Happy Shopping!

You Might Also Like

0 comments