dTraktir Bukber bersama tiket.com dan detikTravel: Seru dan Banyak Hadiahnya!

10:25 PM

(foto: dokumen detikTravel)
Jumat, 25 Mei 2018, aku berkesempatan hadir di acara dTraktir Bukber yang diselenggarakan oleh detikTravel dan tiket.com. Acara yang mengakat tema "Destinasi Biasa Jadi Luar Biasa" ini diadakan di The Hook Cafe, Jakarta dan juga diramaikan oleh Jebraw dan Cia Wardhana yang siap berbagi informasi, cerita, pengalaman, dan juga tips and tricks-nya untuk kita yang sedang merencanakan atau akan melakukan kegiatan traveling.
Acara ini diawali dengan sharing dari Redaktur Pelaksana detikTravel, Mas Faya, dan PR Manager tiket.com, Mbak Metha.  Di sesi ini Mbak Metha berbagi tips untuk yang kamu senang jalan-jalan akan tetapi dengan budget terbatas, dan berikut adalah tips-nya:
  1. Cari tiket pesawat di online travel agent yang terpercaya;
  2. Researchplanning dan juga budgeting. Kita harus research terlebih dulu destinasi yang akan kita kunjungi, sesuaikan dengan budget yang kita punya. Buat rencana perjalanannya, lalu susun itenerary-nya supaya kita ada gambaran kegiatan apa saja yang akan kita lakukan dan kemana saja destinasi yang akan kita kunjungi. Jangan lupa juga untuk melakukan budgeting supaya kita  mempunyai gambaran pengeluaran kita dan juga untuk mengontrol pengeluaran kita selama perjalanan;
  3. Carilah tiket pesawat/tiket kereta api di online travel agent terpercaya;
  4. Pesanlah tiket jauh-jauh hari sebelum hari H dan jangan pula membeli tiket ketika high-session karena dipastikan tiket akan jauh lebih mahal;
  5. Cari tiket promo!;
  6. Carilah destinasi atau tempat wisata yang murah atau bahkan gratis karena destinasi yang keren tidak selalu tempat yang mahal;
  7. Pesan tiket pesawat atau kereta api, hotel, bahkan sampai rental mobil di satu platform online travel agent terpercaya, salah satunya adalah tiket.com;
  8. Terakhir jangan lupa menabung!.
Mas Faya dari detikTravel juga menambahkan agar kita selalu mencari informasi tambahan mengenai destinasi yang akan kita kunjungi. Mencarinya bisa lewat internet, bertanya ke orang yang sudah berkunjung ketempat tersebut, atau bisa juga menonto video ulasan mengenai tempat tersebut, dan lain-lain.
Mas Faya dari detikTravel dan Mbak Metha dari tiket.com
(dokumen pribadi)
Masuk ke sesi selanjutnya yaitu sharing session bersama Jebraw dan Cia Wardhana. Di sesi ini mereka bercerita mengenai serunya menjadi seorang traveller dan juga berbagi informasi-informasi menarik lainnya.
Menurut mereka keuntungan menjadi seorang traveller itu adalah bisa merasakan suasana yang baru, belajar hal baru, bertemu orang baru dan juga mendapatkan teman baru, lebih mengenal kearifan lokal, menambah perspektif dan juga wawasan.
Sharing session bersama Jebraw dan Cia Wardhana
(dokumen pribadi)
Cia menambahkan, sebelum kita melakukan perjalanan, persiapan yang matang itu sangat penting, salah satunya adalah dalam hal menyusun itenerary, dan berikut panduan menyusun itenerary  a la Cia Wardhana:
  1. Buat daftar tempat-tempat yang ingin kita kunjungi. Contoh, kita berencana liburan ke Seoul, Korea, terlebih dahulu tulis daftar tempat yang ingin kita kunjungi misalnya: Apguejong, Cheongdam, Gyeongbok Palace dll;
  2. Lalu research lokasi tempat-tempat tersebut di internet;
  3. Kelompokan lokasi-lokasi yang jangakauannya dekat satu dengan yang lainnya supaya kita tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di perjalanan;
  4. Susun waktunya;
  5. Jangan lupa untuk memasukan waktu untuk istirahat. Jangan dibuat terlalu padat supaya ketika kita pulang ke rumah kita tidak sakit. 
Tambahan dari Jebraw, jika kita akan melakukan perjalanan bareng dengan yang lain, carilah travel-buddy yang disiplin yang mau komitmen dengan apa yang sudah kita rencanakan.
Semua destinasi yang kita kunjungi itu akan menjadi sangat luar biasa tergantung bagaimana cara kita mengapresiasinya. Kalau kita selalu berpikiran postitif kemanapun kita pergi, dijamin tempat yang kita kunjungi pasti akan berkesan. Destinasi luar biasa itu tidak melulu tentang destinasi yang ada di luar negeri. Di Indonesia pun banyak sekali destinasi-destinasi keren yang menarik untuk kita kunjungi, dan pastinya tidak kalah dengan yang ada di luar negeri.
Ketika traveling jangan lupa untuk rekam jejak perjalanan kita, bisa dalam bentuk tulisan, kumpulan gambar, ataupun video. Kegunaanya selain untuk dokumentasi pribadi, rekam jejak yang kita buat juga adalah untuk memberikan informasi kepada yang lain tentang tempat yang pernah kita kunjungi dan juga bisa membantu teman-teman yang lain yang sedang merencanakan perjalanannya.
Lalu bagaimana caranya menjadi content creator yang baik?
Poin pertama menjadi seorang content creator adalah konsisten! jadi blogger/vlogger itu harus konsisten. Kita harus rajin membuat konten dan kalau bisa konten yang kita buat dan unggah di blog/vlog kita itu 80% mempunyai kerelevanan. Misalnya kita membuat identitas blog kita menjadi travel blog, diusahakan minimal 80% kontennya tentang "jalan-jalan". Kita bisa saja membuat konten yang lain, akan tetapi sebisa mungkin konten yang kita buat dihubungkan dengan tema blog yang kita  bangun supaya blognya tidak kehilangan identitasnya. Contoh, kita ingin membut tulisan tentang make-up, judul tulisannya bisa saja dibuat seperti ini: "Make-up yang cocok ketika kamu berkunjung ke Harajuku-Tokyo".
Tips dari Cia agar kontennya lebih menarik adalah terlebih dahulu kita kumpulkan materi sebanyak mungkin, nanti footage tersebut diseleksi mana saja yang akan dimasukan ke dalam video/tulisan kamu. Selain itu cari juga materi konten yang sekiranya orang akan tertarik untuk menonton atau membacanya, dan alangkah baiknya sebelum membuat konten terlebih dahulu dibuat konsepnya. Kalau untuk video kamu bisa mebuat storyline dan moadboard-nya dulu.
Menjadi content creator itu sudah selayaknya kita mempunyai media penunjang supaya konten yang dihasilkan lebih berkualitas. Tapi apakah benar menjadi content creator itu harus mempunyai "gear" yang keren dan mahal, seperti kamera berharga puluhan juta?. Sayangnya, Cia dan Jebraw kurang setuju dengan statemen itu. Konten yang bagus bukan hanya tentang "gear", tapi bagaimana kita bisa memanfaatkan sumberdaya yang kita punya. Jika kita hanya mempunyai ponsel, gunakalah ponsel yang kita punya sebagai media penunjang untuk menghasilkan konten yang berkualitas. "Yang penting angel dan edit!" tambah Cia.
Di sesi ini ada seorang penanya yang bertanya kepada Cia dan Jebraw tentang bagaimana caranya menjadi seorang yang bisa jalan-jalan tapi "dibayar"?
"Semua itu butuh modal" jawab Cia, "termasuk menjadi content creator" tambahnya. Jika kita ingin "jalan-jalan tapi dibayar" awalnya kita juga harus mengeluarkan modal sendiri untuk jalan-jalan, lalu kita juga harus rajin membuat konten tentang perjalanan yang sudah kita lakukan. Apabila konten yang kita buat itu bagus dan menarik, pasti akan ada pihak lain yang tertarik untuk bekerjasama dengan kita. "Di dunia ini tidak ada yang instan, pasti butuh modal dan usaha!" lanjut Cia.
Traveling itu selain kita harus menabung, kita juga harus bisa meluangkan waktu. Jika kamu sudah bekerja atau bekerja di kantor yang liburnya hanya Sabtu dan Minggu tapi ingin melakukan perjalanan lebih dari dua hari, disini ada beberapa tips dari Jebraw agar kita sebagai "pekerja kantoran" bisa menikmati liburan juga, yaitu:
  1. Pesan tiket dari jauh-jauh hari. Jadi kamu sudah memberitahu rekan-rekan kerja kamu jika di tanggal tersebut kamu tidak bisa diganggu.
  2. Nabung jatah cuti dan ajukan block leave, jadi ketika kamu sedang cuti, kamu tidak akan diganggu oleh urusan pekerjaan.
Di akhir sharing session ini Cia dan Jebraw menekankan jika kita ingin menjadi content creator, kita harus kreatif dan konsisten! karena yang paling susah menjadi seorang content creator itu adalah memulai dan menjaga kekonsistenannya.
Setelah sharing session bersama Cia dan Jebraw berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi games yang seru dan banyak hadiahnya. Setelah itu sambil menunggu waktu berbuka puasa, Jebraw menyumbangkan suara emasnya dengan menyanyikan lagu yang spontan dia buat pada saat itu juga. Lalu, tibalah waktunya berbuka puasa. Para peserta menikmati hidangan yang telah disedikan.
Acara ini ditutup dengan pembagian hadiah dan doorprize. Beruntung, diacara ini aku mendapatkan hadiah voucher belanja senilai Rp. 500.000,- untuk social media activity selama kegiatan ini berlangsung.
Bersama teman baru.
(dokumen pribadi)
Secara keseluruhan acara ini bagus sekali. Seru dan juga hidup. Selain mendapatkan informasi-informasi yang menarik, aku juga mendapatkan teman baru dengan hobi yang sama, dan tak ketinggalan pula aku mendapatkan hadiah dan merchandise dari tiket.com.
merchandise dan voucher :)
(dokumen pribadi)
Terimakasih tiket.com dan detiktravel! Tak sabar menunggu kegiatan-kegiatan seru lainnya.
---
Informasi tambahan untuk kalian yang belum tau, tiket.com mempunyai program promo gajian yaitu program PayCation setiap tanggal 25 s.d 31 disetiap bulannya. Cocok banget untuk kamu yang senang jalan-jalan tapi dengan budget terbatas.
Cara pemesanannya pun sangat mudah;
  1. Kamu buka aplikasi tiket.com di smartphone kamu, lalu pilih item yang akan kamu pesan, misalnya tiket pesawat;
  2. Klik ikon/gambar pesawat;
  3. Masukan destinasi dan waktu keberangkatannya (dan kepulangan);
  4. Pilih maskapai dan jadwal penerbangannya sesuai dengan keinginan kamu;
  5. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Metode pembayarannya sangat beragam, bisa menggunakan kartu kredit, bank transfer, virtual account, dengan ATM dll. Jangan khawatir tiket kamu pasti issued karena tiket.com merupakan online travel agent yang terpercaya;
  6. Terakhir tinggal menunggu tiket kamu issued! dan selamat berlibur!
Sebelumnya jangan lupa untuk mengunduh aplikasi tiket.com di ponsel kamu.
Jadi, mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!
----



You Might Also Like

0 comments