Maryam Jalan-Jalan: Mendadak Singapore - Ilang Dompet!

8:46 PM

Hai!
Langsung aja ya ke intinya. Buat kamu yang mau nyoba jalan sendiri ke LN tapi pengen yang deket-deket aja. Bisa dicontek Itenerary aku selama jalan-jalan ke Singapore ini.
Nih, cuss!

Day 1
Berangkat dari Bandung pagi-pagi jam 10 dengan naik bis Primajasa yang langsung ke Bandara Soekarno-Hatta CGK. Harga busnya Rp 110.000,- (September 2017). Reservasi tiket by phone ke +62 22 87526886. Lokasi Poolnya berada di Batununggal Bandung. Kenapa aku pilih pake bis gak pake shuttle/travel? simple, karena lebih murah!. Pergi pagi dari Bandung padahal flightnya jam 17.45 karena takut kena macet well, it's hard to predict the traffict in Indonesia (especially Jakarta's trafic. meh!). Mendingan kecepetan dan nunggu di airport daripada harus miss flight.
Sampe di Airport sekitar jam 2 siang (ternyata gak terlalu macet!) aktifitas selanjutnya adalah nunggu   sampai counter AirAsia dibuka. FYI awalnya kita berangkat mau ber empat, aku, Mpok Tira, Qory, dan Bang Otung, eh si Bang Otung ini mendadak gak jadi ikut karena banyak urursan padahal udah book flight, penginapan segala macem! jadilah kita berangkat cuma bertiga.
Ternyata pesawat AirAsia yang bakal kita naikin itu delay, kita baru boarding sekitar jam 18.30 an.
Sampai di Changi Airport sekitar pukul 9 malam waktu Singapore. Karena kita ga punya bagasi, jadi langsung aja ke Imigrasi check. Imigrasi Singapore ini kadang suka bikin degdegan, karena banyak cerita tentang seremnya Imigrasi Singapore (keluarga aku pernah kena random check!). Alhamdulillah bisa masuk Singapore juga tapi sempet ditanya-tanya karena paspor aku baru ganti dan masih perawan hehe.

Lanjut dari imigrasi counter, kita ke terminal 3 dengan menumpang Airport Skytrain (ini gratis) menuju ke stasiun MRT. Dikarenakan counter untuk beli STP udah tutup, jadi kita beli tiket MRT sekali jalan di mesin yang sudah disediakan.
Dari Changi langsung ke stasiun China town karena penginapan kita di area China Town.
Sampailah kita di penginapan sekita pukul stengah 11 malam. Nama penginapannya IStay.Inn, kami book penginapan ini via Traveloka. Dilanjutkan dengan beres-beres, mandi, dan istirahat karena besok harus bangun pagi.
1. Bandung - CGK
2. CGK
3. Flight to SG
4. Check-in hotel
Day 2
Sarapan pukul 8 pagi, setelah sarapan dipenginapan kami langsung menuju ke stasiun MRT China Town. Tujuan pertama kami adalah Henderson Waves.
Sebelum pergi kemana-mana kami mengurus STP (Singapore Tourist Pass) terlebih dahulu. Fyi untuk ngurus STP ini kamu bisa datengin langsung counternya yang tersedia di setiap stasiun MRT. Setelah urursan STP selesai, kami melanjutkan perjalanan ke Henderson Waves. Untuk ke tempat ini, kita diharuskan untuk naik MRT  turun di stasiun Harbour Front keluar di exit C Vivo city mall lalu dilanjutkan dengan Bis 131 atau 145, lalu turun di pemberhentian bus kedua.

Selesai dari Henderson Waves, perjalanan kami lanjutkan ke Sentosa Island untuk berfoto didepan bola Universal Studionya, karena kami berbudget terbatas kami gak masuk ke USS nya (mahal hehe) dan gak terlalu penasaran juga karena emang udah pernah masuk juga sebelumnya (shombhong). Untuk mencapai ke USS ini dari Henderson waves balik lagi ke Vivo city mall.
(sorry my big face. Jangan pada salfok!)
Dari USS kami mencari makan siang di Vivocity mall ini. Setelah makan siang perjalanan kami berlanjut ke Little India dengan menaiki MRT. Di Little India kami belanja coklat di Mustafa Center yang jaraknya agak lumayan jauh dari Stasiun MRT. Masih di area Little India, kami menyempatkan diri untuk berfoto di Tembok Little India sejuta umat. Tembok ini perjuangan banget untuk nemuinnya karena emang tempatnya nyempil.

Ada DRAMA di Little India! yes, Maryam KEHILANGAN DOMPET di Little India. Kok bisa? well, aku pelupa! Ceritanya sadar dompet ilang itu pas mau bayar belanjaan di BUGIS Street? What Bugis St.? Yes sadar nya pas udah pindah lokasi. Sebenernya tenang gak tenang sih ilang dompet itu karena itu dompet coin doang dan paspor masih dipegang sama aku. Tapi gak tenangnya adalah isi dompet itu ada KTP sama ATM. Tau kan kalau ilang KTP ribetnya kaya gimana terus ngurusnya bakal lama lagi, ATM juga degdegan karena semua ATM ada di dompet itu, dan ini baru hari kedua! FYI aku ke Malaysia gak banyak bawa cash, jadi emang rencananya mau tarik tunai aja lewat ATM. Tapi Dompet itu Alamdulillahnya masi rejeki Maryam. Dompetnya sepertinya jatuh pas belanja di Mustafa Center dan alhamdulillahnya yang nemu itu pegawainya. Pyuh!

lanjut cerita hari kedua. Masih di area Bugis, kita  jalan ke daerah Haji Lane. Oh iya tadi sempet hujan besar jadi di Bugis agak lama nunggu hujan reda dan pas ke Haji Lane cafe cafe nya udah pada mulai buka, jadi gak bisa foto-foto deh.
Rencananya hari ini kita bakal ke Marina Barrage tapi dikarenakan hujan jadi batal deh. Selesai dari Bugis, Mpok dan Abando balik ke hotel, aku balik ke Little India untuk menyelesaikan misi dompet hilang. heheh
Karena sudah malem, kita cuma strolling around china town aja terus nongkrong di cafe sebelah hotel deh (halal restaurant).
1. Henderson Waves
2. Sentosa USS
3. Little India
4. Bugis
5. China Town

Day 3
Tujuan hari ini adalah ke Merlion Park. Well, belum ke Singapore kalau belum foto di Merlion Park! Typical Tourist, We are Tourist btw! Dikarenakan hari ini kita check out jadi keluar hotel sekalian check out dan karena masih jalan-jalan kita titipin barang barang kami ke staffnya, karena staffnya baik kami diizinkan menggunakan loker yang diluar amar untuk menyimpan barang-barang kami.
Keluar dari hotel pukul 9 langsung menuju ke stasiun MRT Raffles Place (stasiun terdekat dengan Merlion Park) sampai di Raffless Park ternyata hujan jadi kami nunggu dulu hujan reda di dalem gedung stasiun MRT. Setelah reda barulah kita jalan kaki ke Merlion Park. Setelah foto-foto dan sight seeing kami lanjutkan perjalanan kami ke Marina Barrage.
(Typical Tourist)
Untuk sampai di Marina Barrage, kami memakai fasilitas MRT (yellow line). Dikarenakan gak ada MRT yang langsung sampai ke tujuan, jadi turun di stasiun MRT Marina Bay terus keluat lewat exit A, nanti ada bus stop lalu pakai bus nomor 400. Sebenernya ada drama juga sih disini. Kita salah ambil tujuan. Malah ke bus stop diantah berantah. Udah gitu pas turun bukan di bus stop tujuan, jadilah kita panas-panas jalan kaki jauuuhh bener. Sebenernya cuma 5 bus stop dari bus stop pertama kali kamu naik bus no. 400 (kita ngitungnya error kali ya).
pict taken by Mpoks!
Nyampe di Marina Barrage sendiri tepat matahari diatas kepala. Dijamin bakal bikin kamu gosong dan sakit kepala. Sangat tidak disarankan datang kesini siang-siang. Enaknya sore-sore aja pas mulai agak adem.
Setelah foto-foto, saatnya kita kembali ke hotel karena harus melanjutkan perjalanan ke Malaysia. jalan-jalan kami ke Singapore selesai di hari ke-3.